Sabtu, 15 September 2012

Kanker Hati, Gejala dan Penyebabnya

Kanker Hati, Gejala dan Penyebabnya  <<>>  Jarang sepertinya kita mendengar tentang kanker hati, kalau kanker payudara, kanker serviks, kanker otak sepertinya sering kita mendengar. Mungkin teman-teman sudah mengetahui fungsi organ hati yang ada di dalam tubuh kita. Kanker memang bisa menyerang berbagai macam organ yang ada di dalam tubuh kita. Kanker hati, Kanker hati (hepatocellular carcinoma) adalah suatu kanker yang timbul dari hati. Ia juga dikenal sebagai kanker hati primer atau hepatoma. Hati terbentuk dari tipe-tipe sel yang berbeda (contohnya, pembuluh-pembuluh empedu, pembuluh-pembuluh darah, dan sel-sel penyimpan lemak). Bagaimanapun, sel-sel hati (hepatocytes) membentuk sampai 80% dari jaringan hati. Jadi, mayoritas dari kanker-kanker hati primer (lebih dari 90 sampai 95%) timbul dari sel-sel hati dan disebut kanker hepatoselular (hepatocellular cancer) atau Karsinoma (carcinoma).

Penyebab Kanker Hati.

Penyebab pastinya masih belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab kanker hati yaitu:

a)      Infeksi virus Hepatitis B dan Hepatitis C.
b)      Sirosis hati.
c)      Predisposisi herediter.
d)     Ras.
e)      Infeksi parasit clonorchis sinensis.
f)       Makanan yang mengandung bahan hepatokarsinogenik (jamur aflatoxin, alkohol).
g)      Banyak mengkonsumsi obat-obatan.
h)      Zat pewarna.
i)        Pemanis buatan

Alasan Makanan Tersebut jadi Penyebab.

Hal ini disebabkan karena fungsi hati adalah sebagai penawar racun yang berasal dari obat-obatan maupun makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga semakin sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut di atas, maka kerja hati akan semakin berat.Racun-racun tersebut menumpuk di hati inilah yang bisa menyebabkan kerusakan pada hati. Untuk mendiagnosa suatu kanker hati, diperlukan pemeriksaan fisik yang teliti dan pemeriksaan di laboratorium seperti,

   1. Tes fungsi hati.
   2. Tes pertanda virus hepatitis.
   3. Tes pertanda tumor.
   4. Tes USG.
   5. CT-Scan.
   6. Angiographic Hepatic.
   7. Biopsi hati.
   8. Laparoskopi

Gejala Kanker Hati

Kanker hati seringkali tidak menimbulkan gejala. Ketika kanker bertambah besar, orang mungkin melihat satu atau lebih dari gejala umum ini:
  • Rasa sakit di perut bagian atas di sisi kanan
  • Sebuah benjolan atau rasa berat di perut bagian atas
  • Bengkak (kembung) pada perut
  • Kehilangan nafsu makan dan perut terasa penuh
  • Penurunan berat badan tanpa sebab jelas
  • Kelelahan kronis
  • Mual dan muntah
  • Kulit dan mata berwarna kuning, tinja pucat, dan urine berwarna gelap
  • Demam
Gejala ini dapat disebabkan oleh kanker hati atau masalah kesehatan lainnya. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, Anda harus memberi tahu dokter Anda sehingga masalah dapat didiagnosis dan diobati sedini mungkin.

  
Semoga postingan ini yang berjudul Kanker Hati, Gejala dan Penyebabnya  berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar